Mantapp, H. Rudi Wijaya, SSi, Apt Terpilih Menjadi Ketua Badan Kehormatan DPRD Propinsi Jambi

oleh

Mantapp, H. Rudi Wijaya, SSi, Apt Terpilih Menjadi Ketua Badan Kehormatan DPRD Propinsi Jambi

 

Dalam proses kocok ulang struktur pimpinan Alat-alat Kelengkapan Dewan (AKD) kemarin (11/12) terpilih H. Rudi Wijaya, SSi, Apt sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Propinsi Jambi. Jabatan ini sangat prestise di tengah meningkatnya ketidakpercayaan publik terhadap kinerja anggota dewan.

 

Badan Kehormatan merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap, dibentuk untuk melaksanakan dan menegakan kode etik DPRD dan ditetapkan dengan Keputusan DPRD. “Badan Kehormatan  beranggotakan masing-masing satu utusan fraksi dan secara teknis dan fungsional biasanya dibantu oleh Sekretariat DPRD. Masa kerjanya sesuai Tatib adalah satu tahun dan bisa dipilih kembali,” kata Ketua DPW PKS Jambi ini.

 

“Badan Kehormatan mempunyai tugas: menjaga disiplin, etika, dan moral para anggota dewan;  meneliti dugaan pelanggaran yang dilakukan anggota dewan; melakukan penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi atas pengaduan Pimpinan DPRD, masyarakat dan/atau pemilih; menyampaikan kesimpulan atas hasil penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi serta menyampaikan rekomendasi kepada pimpinan DPRD berupa rehabilitasi nama baik apabila tidak terbukti adanya pelanggaran yang dilakukan anggota DPRD atas pengaduan pimpinan DPRD, masyarakat dan atau pemilih dan menyampaikannya di forum rapat paripurna,” paparnya detil.

 

“Selain itu Badan Kehormatan dapat menjatuhkan sanksi kepada anggota dewan yang terbukti melanggar kode etik DPRD,” kata Aleg PKS dapil Bungo-Tebo ini seraya berpamitan.

 

Wahh pak, kalau begitu, semoga tidak ada anggota dewan yang dilaporkan ke BK ya pak!! Pokoknya baik-baik semuanya deh… Aamiin.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.