Jasrul: Kader PKS Harus Bisa Menangani Penyelenggaraan Jenazah

oleh

Salah satu life skill (ketrampilan hidup) yang perlu dimiliki kader-kader PKS adalah menguasai tatacara penyelenggaraan jenazah. Hal ini dikemukakan oleh Jasrul, S.Ag selaku Kabid Pemberdayaan Ummat DPD PKS Kota Jambi, ditemui di lokasi acara PKS, kemarin.

Jasrul mengatakan, saat ini tidak banyak generasi muda yang mau sungguh-sungguh mempelajari hal-ikhwal penyelenggaraan jenazah, mulai dari membimbing saat sakaratul maut, memandikan, mengkafani, menyolatkan, hingga memakamkan dengan benar. “Ada yang beralasan takut, ada yang karena tidak percaya diri, atau ada yang jujur mengakui belum paham ilmunya jadi kuatir salah,” papar Jasrul.

Menurut ustadz yang juga berprofesi sebagai Aleg PKS DPRD Kota Jambi ini, skill penyelenggaraan jenazah sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengantisipasi kematian warga yang bisa terjadi sewaktu-waktu, kapanpun itu. “Ada baiknya para kader PKS mulai belajar tatacaranya, agar bisa membantu warga, keluarga atau tetangga yang membutuhkan pertolongan. Apalagi ini hukumnya fardhu kifayah, besar lho pahalanya di sisi Allah,” lanjut Jasrul memotivasi.

Adapun usulan agar BPU DPD Kota Jambi membuat program dauroh janaaiz (pelatihan penyelenggaraan jenazah) untuk kader, Jasrul mengatakan akan mempertimbangkan jika nanti keadaan sudah lebih kondusif. “Idealnya diadakan di masjid-masjid, karena lebih banyak pesertanya dan lebih terjangkau,” jawab ayah dua anak ini, menutup wawancara kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.