Ini Tatacara Melakukan Sholat Ghaib

oleh

Sobat PKS!! Jika di suatu tempat yang jauh ada musibah kematian, apa yang harus kita lakukan selain berucap: innaalillaahi wa innaa ilayhi rooji’uun? Mau takziyah, jauh… Mau mengantar ke makamnya tidak mungkin. Terkadang muncul rasa penyesalan tidak bisa hadir menyolatkan almarhum/almarhumah. Terus bagaimana?

Ternyata di Islam ada cara lain untuk ikut  berbelasungkawa dan mendoakan orang/tokoh yang sudah meninggal dunia. Caranya adalah dengan melakukan sholat ghaib. “Sholat ini sangat mudah untuk dikerjakan, karena tanpa ruku’ dan sujud, cukup berdiri saja, seperti sholat jenazah,” kata ustadz Mustaharuddin, Ketua Bidang Pembinaan Ummat (BPU) DPW PKS Jambi.

Bagaimana dengan bacaan sholat tersebut? “Pada dasarnya sama saja dengan bacaan sholat jenazah. Bedanya: sholat jenazah dilakukan di hadapan jenazah, sedangkan sholat ghaib dilakukan dari jauh ketika tidak ada jenazahnya,” jawab ustadz yang juga Aleg PKS DPRD Tebo ini.

“Pertama-tama, berniat dalam hati atau dilafazkan. Lalu berdiri jika mampu. Takbir pertama lalu membaca surah Al Fatihah. Takbir kedua lalu membaca shalawat nabi seperti saat kita tahiyat sholat biasa. Takbir ketiga, membaca doa untuk jenazah. Takbir keempat, membaca doa untuk kaum muslimin. Selesai, lalu ucap salam,” papar politisi yang juga berprofesi sebagai muballigh ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.