Aleg PKS Ikut Sukseskan Program JKN Muaro Jambi

oleh

Aleg PKS Ikut Sukseskan Program JKN Muaro Jambi

 

Anggota dewan asal PKS Syafri Hasibuan, SE kemarin turut serta menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan temu jejaring multi-pihak tingkat kabupaten/kota, bersama Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) dan Dinas Sosial Kabupaten Muaro Jambi. Acara yang bertajuk Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bersama Balai Perempuan KPI Sekcab Muaro Jambi, berlangsung sehari di Desa Talang Kerinci Sungai Gelam Jambi.

 

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga terutama perempuan, dalam optimalisasi kesehatan masyarakat. Saat ini telah tersedia wadah organisasinya yaitu Balai Perempuan sebagai pusat informasi pengaduan dan advokasi dalam mekanisme monitoring dan evaluasi JKN di setiap daerah,” papar Syafri.

 

Syafri sendiri mengaku, masyarakat perempuan terutama di kabupaten masih relatif tertutup untuk mengutarakan persoalan-persoalan kesehatan yang dihadapinya. “Jangan sampai keadaan sudah parah, baru mendatangi fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah. Apalagi jika terkait kesehatan reproduksi, harus hati-hati penanganannya,” ungkap Syafri.

“Perempuan sebagai tonggak pembentukan keluarga sehat, sejahtera dan membentuk generasi penerus, kalau bisa, jangan sering sakit. Oleh sebab itu perempuan harus punya jaminan kesehatan tanpa batas karena tugas-tugasnya multi-tasking baik di rumah maupun di luar rumah. Jika perempuan sehat, semua tugas dapat dilaksanakan dengan baik,” kata Aleg PKS ini.

 

“Perempuan yang terbatas finansial bisa memperoleh jaminan kesehatan layak melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan pemerintah. Jika masyarakat sudah memahami prosedur dan manfaatnya, ini sangat membantu mereka, baik yang berbayar atau yang dibayarkan oleh pemerintah melalui JKN Penerima Bantuan Iuran (PBI). Itulah sebabnya hal seperti ini harus terus disosialisasikan ke masyarakat,” ujar Syafri menutup perbincangan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.