Aleg PKS Hadiri Sholat Istisqa bersama Warga Sarolangun

oleh

Kondisi alam kini tampak kurang bersahabat, akibat kemarau panjang dan kabut asap yang menyelimuti sebagian besar wilayah Sumatera termasuk propinsi Jambi. Demikian juga di kabupaten Sarolangun dan sekitarnya, hujan yang ditunggu-tunggu tak kunjung turun.

Masyarakat akhirnya beramai-ramai menggelar sholat Istisqa (sholat meminta hujan kepada Allah) secara berjama’ah. Seperti yang sabtu kemarin (14/09) digelar oleh pemerintah Kecamatan Batang Asai. Rapalan, anggota Fraksi PKS DPRD Sarolangun tampak ikut serta pelaksanaan sholat yang dilakukan di pinggiran sungai Batang Asai Sarolangun.

Sebetulnya lokasi tempat sholat ini bukanlah pulau, melainkan dasar sungai yang airnya menyusut beberapa meter kemudian mengering sehingga menyerupai lapangan bola. Pulau ini adalah pinggiran sungai Batang Asai yang terletak paling hulu dari sumber arus sungai yang mengalir ke sungai Tembesi Sarolangun hingga bermuara ke Sungai Batanghari.

“Kondisi kekeringan ini terjadi di semua anak sungai sepanjang aliran sungai di wilayah propinsi Jambi, sehingga berdampak pada sumber kehidupan masyarakat baik pengguna air sungai maupun pertanian,” kata Rapalan dengan nada prihatin.

pinggiran sungai dilihat dari atas jembatan

“Kita berharap semoga Allah segera menurunkan hujan serta rahmat-Nya, dan semoga kondisi kabut asap yang semakin buruk ini bisa segera teratasi. Kami juga berharap musibah kekeringan ini menumbuhkan kesadaran seluruh masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan dan lingkungan di sekitar kita,” kata Rapalan, menutup wawancara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.