8 Sifat Positif Menuju Sukses

oleh

8 Sifat Positif Menuju Sukses

 

Ditulis oleh Taufiq Elghony (Relawan Humas DPW PKS Jambi)

 

Setiap orang, siapapun orangnya dan apapun profesinya pasti ingin sukses dalam hidup. Bahkan agar sukses, Allah mengajarkan do’a dalam Al-qur’an “Rabbanaa aatinaa fiddun yaa hasanah, wafil aakhiroti hasanataw waqinaa ‘adzaabannaar” (Ya Allah karuniakan kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat,  serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka, QS.Al Baqarah: 201)

 

Tentang kesuksesan ini, ada beberapa nasihat dari Dr. Ibrahim Elfiky, salah seorang motivator Muslim internasional. Banyak bukunya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, bahkan untuk beberapa judul telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

 

Dalam buku Terapi Berfikir Positif  karya Dr. Ibrahim Elfiky di halaman 155-157 beliau mengatakan, setidaknya ada delapan kepribadian positif agar hidup kita sukses. Ke-delapan hal tersebut adalah:

 

1. Tawakkal kepada Allah.

Kepribadian positif yang dimaksud adalah pribadi yang beriman pada Allah dan tawakkal pada-Nya. Ini penting sekali dimiliki oleh seorang Muslim. Karena pribadi yang beriman tidak takut dengan kegagalan. Karena segala sesuatu merupakan kehendak Allah SWT.

Allah berfirman: “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertawakkal-lah pada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang tawakkal pada-Nya (QS.‘Ali Imran:159)

 

2. Menghargai nilai-nilai kebaikan. Pribadi yang sukses, hidup dengan meyakini dan menghargai nilai-nilai kebaikan. Sebesar apapun pengaruh dan godaan, ia akan selalu menjauh dari perilaku negatif karena senantiasa mengutamakan perbuatan baik. Pribadi yang sukses memiliki ciri-ciri jujur, amanah, menjauhi ghibah, tidak dengki terhadap saudaranya dan selalu meneladani akhlaq Rasulullaah shallallaahu ‘alayhi wasallam.

 

3. Memiliki visi dan persepsi yang jelas. Pribadi sukses tahu betul apa yang diinginkan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Ia tahu alasan kenapa ia menginginkannya, kapan mewujudkannya dan bagaimana cara meraihnya dengan mengerahkan seluruh potensi serta peluang yang ada. Ia selalu merencanakan seluruh aktivitas dengan fleksibel hingga berhasil merealisasikan apa yang ia cita-citakan.

 

4. Positive Thinking. Pribadi yang sukses tahu betul kekuatan intuisi dan kalkulasi. Jika ia menginginkan sesuatu, ia mengikuti kata hatinya, memperhitungkan segala hal dengan teliti. Ia akan berusaha maksimal dan berdo’a sebanyak mungkin. Ia juga akan menjauhi sifat su-uzhon kepada orang lain.

 

5. Selalu mencari solusi atas berbagai masalah. Seorang yang ingin sukses memahami bahwa hidup ini dikelilingi oleh macam-macam persoalan. Namun ia juga yakin bahwa semua masalah pasti ada solusi. Ia hadapi segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan menjaga fikiran positif. Walau apapun pandangan orang lain dan besarnya hambatan yang ada, ia tetap fokus mengurai solusi.

 

6. Tidak membiarkan masalah dan kesulitan mempengaruhi kehidupannya. Ketika pribadi positif menghadapi masalah ia tidak akan membiarkan masalah itu mempengaruhi kehidupannya. Ia hadapi segala sesuatu dengan wajar dan tidak berlebihan. Ia juga tetap berinteraksi dengan orang lain seperti biasa dan apa adanya.

 

7. Percaya diri, menyukai perubahan dan berani menghadapi tantangan. Seseorang yang ingin sukses meyakini bahwa perubahan itu adalah sebuah kepastian. Karena ia tahu tujuan yang diinginkan maka ia pun menyusun rencana berdasarkan segala kemungkinan untuk direalisasikan dalam kehidupan nyata.

 

8. Terbiasa hidup dengan cita-cita, perjuangan dan kesabaran. Hidup harus diiringi dengan cita-cita dan harapan. Setiap orang harus memiliki mimpi. Orang yang hidup tanpa punya mimpi seperti nahkoda kapal yang kehilangan peta, hidup tanpa jelas ke mana tujuannya.

 

Ketahuilah, cita-cita terbesar kita adalah meraih ridho Allah SWT. Semua itu hanya bisa diraih dengan perjuangan dan kesabaran. Ayo miliki delapan kebiasaan positif ini agar kita punya cukup energi untuk meraih sukses. Walloohu a’lam.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.