8 Manfaat Silaturahim

oleh

 

Apa saja sih dampak positif dari ber-silaturahim? Yukk disimak.

1) Tanda ketaqwaan kepada Allah.

Sabda Rasulullah: “Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (HR.Ahmad)

2) Meneguhkan ikatan ukhuwwah

Allah berfirman (yang artinya): “Sesungguhnya kaum mukminin itu adalah bersaudara.” (QS. Al-Hujurat: 10)

“Orang yang menghubungkan silaturahim bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Akan tetapi, orang yang menghubungkan silaturahim adalah orang yang ketika kekerabatannya diputus, ia menghubungkannya.”  (HR Bukhari)

3) Tanda beriman kepada hari akhirat

Sabda Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wasallam: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim.” (Hadits dari Abu Hurairah)

4) Bonus pahala shodaqoh

Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Sedekah terhadap orang miskin adalah sedekah. Sedangkan terhadap keluarga sendiri mendapat dua pahala: yakni pahala sedekah dan pahala silaturahmi.” (HR. Tirmidzi)

5) Memperbanyak Rejeki

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra.: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6) Semakin dekat dengan Allah

Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk, hingga apabila Dia selesai dari (menciptakan) mereka, rahim berdiri seraya berkata: ini adalah kedudukan orang yang berlindung dengan-Mu dari memutuskan. Dia berfirman: “Benar, apakah engkau ridha jika Aku menyambung orang yang menyambung engkau dan memutuskan orang yang memutuskan engkau?” Ia menjawab: iya. Dia berfirman: “Itulah untukmu” (Hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah ra)

7) Silaturahim adalah salah satu kunci syurga

Sebagaimana tertuang dalam hadist berikut ini: “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8) Memperkuat kesatuan Islam

 

Allah berfirman (yang artinya): “Dan Yang mempersatukan hati-hati mereka (orang-orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak akan dapat mempersatukan hati-hati mereka, akan tetapi Allah Subhanallahu wa Ta’ala telah mempersatukan hati-hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Al-Anfal: 63)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.